Thoriq Ahli Tawakkal


An Nawadir 11
Thariq As-shadiq dikenal sebagai orang yang ahli berserah diri. Dijuluki demikian, karena suatu peristiwa yang terjadi padanya. Ia pernah terjatuh dalam sebuah sumur tua dan kala itu lewatlah sekelompok orang yang akan berangkat haji. Salah seorang dari kelompok itu kemudian berkata : “sebaiknya kita tutup lubang ini agar tidak ada orang yang terperosok kedalamnya”.

Sekelompok orang itu tidak menyadari kalau Thariq ada didalamnya. Mandengar itu, Thariq as-shadiq tidaklah panik, lalu ia berkata dalam hati : “Kalau memang aku orang yang tulus, aku harus diam.”Maka Thariqpun diam saja. Orang-orang itu pun menutup lubang sumur, kemudian pergi.

Dalam keadaan gelap gulita Thariq berada dalam sumur. Tiba-tiba Thariq menemukan 2 buah lentera, sehingga dengan kedua lentera itu ia dapat melihat sekeliling. Tak lama kemudian, ada seekor ular besar menuju kearahnya. Lalu ia pun berkata dalam hati, “ Saat ini, akan kelihatan apakah aku tergolong orang yang tulus atau pendusta?”

Ketika ular itu sampai kepadanya, ia mengira ular itu akan memangsanya. Akan tetapi ternyata ular itu naik kearah bibir sumur, lalu melilitkan ekornya di leher dan kaki Thariq dan berusaha menggendong dirinya keatas. Ular itu kemudian membuka penutup sumur dan mengangkat thariq keluar dari sumur dan meletakkan dirinya diatas tanah.

Belum selesai takjubnya karena dibantu oleh ular itu, tiba-tiba terdengar suara tanpa wujud berkata : “Ini adalah kasih sayang Tuhanmu, Dia telah menyelamatkanmu dari musuhmu dengan perantaraan musuhmu”. Karena kejadian tersebut, Thariq dijuluki As-shadiq yang tulus menerima segala ketetapan Allah kepadanya.

Al Faqir Mudhoffar Ahmad 070823

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara unik Kyai Umar mengatasi santrinya yang Nakal

Pentingnya Kasih Sayang

Keutamaan Malam Nishfu Sya'ban