Sedekahmu Menggandakan Rezekimu

An Nawadir 38.

Dulu kala di kediaman Sayyidina Ali RA, yang waktu itu ditinggali 5 orang : 1. Sayyidina Ali 2. Fathimah (istri Ali) 3. Hasan (putra Ali) 4. Husein (putra Ali) 5. Harits (paman Ali).

Suatu ketika mereka belum makan selama 3 hari, dan pada waktu itu pula Sayyidah Fathimah menyerahkan selendangnya pada sang suami yaitu Sayyidina Ali RA. untuk di jual. Kemudian Sayyidina Ali keluar rumah untuk menjual selendang tersebut. Dan Alhamdulillah selendang tersebut laku dengan harga 6 dirham.

Di tengah perjalanan pulang, Sayyidina Ali bertemu dengan orang-orang fakir yang membutuhkan, melihat itu Sayyidina Ali akhirnya kasihan pada para fakir itu dan akhirnya dikasihkanlah 6 dirham uang hasil menjual selendang tadi pada para fakir itu karena sangat kasihan pada mereka, walaupun akhirnya beliau Sayyidina Ali nantinya pulang tanpa membawa apa-apa. Keresahan tersebut tidak mempengaruhi sama sekali, akan tetapi sayyidina Ali masih optimis & percaya bahwa pasti akan di beri imbalan berlipat ganda oleh Allah sebab sedekah tadi.

Kemudian di jalan, Ali bertemu dengan seorang laki-laki yang sedang mengendara onta lalu yerjadilah percakapan :

Laki-laki  1 : Hai ayahnya Hasan, belilah Onta ini

Ali R.A. : Saya sudah tidak punya uang

Laki-laki 1: Bayar nanti saja tidak apa-apa

ALI R.A. : Ya sudah, berapa harganya ?

Laki-laki 1 : 100 dirham

Kemudian dibawalah oleh Ali onta tersebut, dan setelah S. Ali melanjutkan perjalanan, beliau bertemu lagi dengan seorang laki-laki yang lain bukan yang tadi dan bilang pada S. Ali :

Laki-laki 2 : Apakah kamu ingin menjual onta ini hai ayahnya Hasan ?

S. Ali : Ya

Laki-laki 2 : Berapa kau beli onta ini sebelumnya ?

S. Ali : Seharga 100 dirham

Laki-laki 2 : Ya sudah saya beli onta ini dengan hasil buat kamu 60 dirham

Beliau S. Ali Setuju lalu dibayarlah onta tersebut seharga 160 dirham.

Setelah uang dibawa oleh Sayyidina Ali, lalu S. Ali bertemu dengan laki-laki pertama yang menjual onta pada S. Ali, lalu bilang :

Laki-laki 1 : Hai Ali kamu sudah menjual onta tadi ?

S. Ali : Ya, sudah

Laki-laki 1 : Bagus, lalu bayarlah ontaku yang tadi 100 dirham

Lalu dibayarkanlah oleh Ali, dan masih sisa 60 dirham. Kemudian Ali pulang membawa 60 dirham.

Sesampainya dirumah lalu Ali memberikan uang tadi pada istrinya, Fathimah, lalu bertanya "Wahai suamiku dari mana kau dapat uang ini ?".

Di jawab oleh Ali "saya berdagang bersama Allah dengan bersedekah 6 dirham kemudian di ganti oleh Allah dengan 60 dirham, 1 dilipatkan menjadi 10 dirham.

Kemudian Sayyidina Ali sowan ke rumah Nabi Muhammad SAW lalu menceritakan kejadian itu pada Nabi, lalu nabi berkata "Wahai Ali tahukah kau yang menjual onta padamu itu? Dia adalah Jibril, dan yang membeli ontamu itu adalah Mikail, sedangkan onta yang telah kau jual belikan itu nanti adalah kendaraan Fathimah di akhirat. Lalu Rasulullah melanjutkan lagi pada Ali :

"Hai Ali, kau telah diberi sesuatu oleh Allah yang tidak diberikan pada selain kamu, :

1. Istrimu, dia adalah penguasa diantara para perempuan penghuni surga 

2. Kedua anakmu, mereka adalah penguasa diantara para pemuda penghuni surga 

3. Mertuamu, dia adalah penguasa seluruh para Rasul. Maka memuji dan bersyukurlah pada Allah yang telah memberikan nikmat yang besar padamu.

Wallahu A'lam bis Showab.

Kawulo Alit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara unik Kyai Umar mengatasi santrinya yang Nakal

Pentingnya Kasih Sayang

Keutamaan Malam Nishfu Sya'ban