Keutamaan Anak Santri


An Nawadir 48.

Sungguh bahagianya orang tua yang mempunyai anak yang semangat untuk mencari ilmu, semangat untuk sekolah, bahkan berkemauan untuk mondok di pesantren, itu semua adalah anugrah besar dari Allah, karena semua yang dilakukan sang anak itu bisa sebagai tabungan pahala bagi orang tua yg bisa di panen di akhirat nantinya.

Diceritakan, ada seorang Qodli (juru hukum) wafat meninggalkan istri dlm keadaan hamil, lalu sang istri melahirkan seorang anak lelaki. Ketika anak itu sdh tumbuh berkembang, sang ibunda mengirimkannya kepada Ulama' yg ahli dalam bidang tulis menulis. Kemudian anak itu diajari oleh sang guru dg melafalkan lafadz Basmalah, lalu si anak tersebut menirukan apanyang di ajarkan oleh sang guru.

Seketika itu juga Allah mengangkat siksa kubur yg dialami oleh ayahnya yakni si Qodli juru hukum.
Allah berkata kepada malaikat Jibril, "Wahai Jibril, tdk pantas orang tua itu mendapatkan siksa kubur padahal anaknya dlm keadaan berdzikir kepadaku.
Pergilah ke ayahnya lalu berilah selamat kepadanya."
Kemudian Jibril pergi dan memberi selamat kepada si qodli.

Dari cerita di atas dapat diambil hikmah bahwasanya mendidik anak adalah hal yang harus diperhatikan, dan menitipkan anak kepada orang yang sholeh adalah suatu keharusan.
Karena amal sholeh seorang anak akan bisa menolong orang tua di kemudian hari.

Masih ragukah memondokkan anak???
Wallahu A'lam Bis Showab.

Kawulo Alit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara unik Kyai Umar mengatasi santrinya yang Nakal

Pentingnya Kasih Sayang

Keutamaan Malam Nishfu Sya'ban